Jumat, 11 Mei 2012

[Portofolio Taofik Muhammad] Analisis Kelayakan Kredit Dengan AHP


Bandung, AHP yang saya maksud disini merupakan singkatan dari Analytic Hierarchy Process. Metode AHP merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam sistem pengambilan keputusan dengan memperhatikan faktor – faktor persepsi, preferensi, pengalaman dan intuisi. Analytic Hierarchy Process (AHP) dapat menyelesaikan multikriteria yang kompleks menjadi suatu hirarki. Masalah yang kompleks dapat diartikan bahwa kriteria dari suatu masalah yang begitu banyak (multikriteria),struktur masalah yang belum jelas, ketidakpastian pendapat dari pengambil keputusan, pengambil keputusan lebih dari satu orang, serta ketidakakuratan data yang tersedia.

Sekitar tiga minggu dari tulisan ini dibuat saya diminta untuk membuat sebuah program yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa PHP dengan tujuan untuk menerapkan konsep AHP. AHP pada program yang saya buat tidak lain adalah untuk menentukan kelayakan seseorang untuk menerima kucuran dana dari sebuah Bank BPR lokal. 

Secara sederhana, langkah awal dari user program tersebut harus menentukan matrix ahp terlebih dahulu. Setelah matrix AHP diisi secara manual, sistem secara otomatis akan menentukan nilai prioritas dari masing-masing kriteria yang telah didefinisikan sebelumnya. Selanjutnya, pengguna sistem diharuskan untuk menentukan nilai baik, cukup, kurang dari sub kriteria. 

Bagian-bagian atau tahapan-tahapan diatas merupakan bagian yang paling menyulitkan ketika diimplementasikan dalam rangkaian bahasa pemrograman. 

Hasil akhir dari program adalah adanya bantuan terhadap manajemen BPR tersebut untuk menentukan kelayakan pemberian kredit terhadap calon klien. Jika calon klien tersebut mendapatkan nilai total = 1, kemungkinan besar dialah yang akan mendapatkan kucuran dana. 

Ingin membuat program seperti diatas? anda bisa menghubungi saya di 0813 - 2041 - 2926. Mungkin saya bisa membantu anda, dengan tarif terjangkau. :)

1 komentar: