Senin, 30 Maret 2009

Apa yang harus saya pahami tentang asma

Beberapa hari yang lalu, saya menyempatkan diri untuk pergi ke dokter spesialis. Sebetulnya itu juga karena sebuah desakan sedikit paksaan dari dini dan orang tua ku. Pada dasarnya saya males untuk pergi ke dokter, karena saya tahu biayanya sangat mahal, apalagi dokter spesialis. 

Setelah konsultasi dengan dokter disertai berbagai tes,uji laboratorium,serta rontgen. akhirnya disimpulkan bahwasanya saya menderita asma ringan. Wah, untung masih ringan, kata ku dalam hati, dan saya sudah mengkonsultasikannya sejak dini kepada dokter. 

Sepulang dari dokter, saya diberi buku kecil karangan dokter yang memeriksa saya, namanya Dr.Zul Dahlan, dr, Sp.PD-KP. Karena buku itu diberikan secara gratis, saya pikir tidak masalah untuk membagikannya kepada anda. Berikut poin-poin penting yang harus anda ketahui tentang asma

Apakah asma itu?

Asma adalah suatu penyakit pernafasan yang disebabkan penyempitan saluran nafas yang tingkatnya bervariasi dari waktu ke waktu. Penyakit ini berdasarkan kepada terjadinya reaksi peradangan bronkus atau saluran nafas terhadap zat-zat perangsang yang berhubungan dengan penderita. Akibat adanya kepekaan yang berasal dari bakat lahir atau didapat setelah lahir, bronkus penderita sewaktu-waktu terangsang untuk menyempit. 

Dapatkan asma ditimbulkan gangguan psikis?

Serangan asma dapat ditimbulkan oleh hal yang langsung merangsang penyempitan saluran nafas (disebut inciter) yaitu berupa bahan yang merangsang (berupa bau-bauan, rokok, parfum, debu, dan obat), udara dingin atau zat alergi. Oleh bahan ini, penyempitan bisa terjadi dalam waktu 10-15 menit. Disamping itu akibat reaksi kimia (inducer) terjadi reaksi peradangan bronkus fase kedua dalam waktu 6-8 jam kemudian. Pada serangan asma gangguan psikis dapat memperberat tingkat asma.

Bagaimana gejala dan diagnosa asma?

Pada penderita didapatkan 1(satu) atau lebih gejala berupa bunyi mengik, batuk, berat bernafas. Asma nonturnal menyebabkan asma dini timbul malam/pagi hari oleh udara dingin, disamping itu pada pasien alergi bisa didapatkan gejala lain seperti hidung bersin, hidung berair, atau gejala komplikasi dari asma. Diagnosa dipastikan dengan didapatkan bukti adanya penyempitan saluran nafas yang bervariasi dan pulih kembali pad pemberian obat bronkodilator yang melebarkan bronkus. Bakat alergi diketahui dari tes alergi yang positif dan peninggian kadar antibodi IgE.

Apakah asma dapat disembuhkan?

Bakat asma tidak dapat dihilangkan, tetapi dengan pengobatan yang baik asma dapat terkontrol hingga pada asma yang dini sekali tidak lagi memberikan gejala. Asma ringan dapat dijumpai pada usia anak, bisa menghilang pada usia dewasa. Umumnya asma anak tingkat sedang dan berat tidak sepenuhnya hilang dan dapat terus berlanjut sampai usia remaja atau dewasa.

Mungkinkah bisa terbebas dari gejala asma?

BISA, terutama pada asma ringan atau sedang gejala gangguan asma mungkin dapat dihilangkan sama sekali, tetapi hal ini sulit didapat pada asm yang berat dan kronik. Karena itu, tujuan perawatan asma adalah sedapat mungkin mencegah timbulnya keadaan asma yang berat, sedangkan bila telah terlanjut lanjut dapat diusahakan pemulihan fungsi paru yang maksimal hingga dapat hidup normal berkeluarga dan bermasyarakat. 

Apa akibat asma yang tidak terkontrol baik?

Keadaan ini cenderung akan menimbulkan seranga akut/kekambuhan asma yang makin lama semakin sering dan dengan tingkat yang semakin berat. Disamping itu bisa timbul perubahan fungsi paru yang menetap dengan terjadinya penyempitan saluran nafas yang tidak dapat dirasakan lagi. Bila asma diobati maka dengan perbaikan yang ringan, rasanya sesak nafas sudah hilang, walaupun penyakit belum banyak berkurang. Sesak nafas jelas terasa lagi kambuh.

Demikian sedikit kutipan dari buku karangan dokter zul. Kesimpulannya adalah, bagi anda penderita penyakit asma, jika itu masih ringan saya sangat anjurkan untuk selalu berobat dan berkonsultasi dengan dokter. Meskipun memang biayanya bisa menyesakan keuangan anda. Jika penyakit asma anda sudah parah, jangan pernah menyerah, selalu biasakan untuk menjaga kesehatan, rajin-rajinlah membersihkan rumah dan lingkungan anda agar tidak banyak debu berkeliaran. Jika anda tinggal di daerah yang dingin, pastikan anda untuk terus memakai jaket, switer, dll yang bisa menghangatkan tubuh anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar