Senin, 30 Maret 2009

Bangun Cianjur Selatan sekarang, atau pisah


Cianjur Selatan pada saat ini selalu identik dengan ketertinggalan, kemiskinan, pendidikan rendah, dan berbagai masalah memalukan lainnya. Saya sendiri merupakan orang asli dari Cianjur Selatan, dan saya tahu bahwa kami disana tidak memiliki kekuatan untuk maju. Sama sekali tidak ada hal yang bisa memberikan kami semangat untuk maju. Kami membutuhkan infrastruktur, kami membutuhkan keseriusan dari Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk lebih memperhatikan nasib di Cianjur Selatan. 

Janji yang dieluk-elukan bupati yang sekarang menjabat pada saat kampanye adalah: "mengutamakan pembangunan di Cianjur Selatan". Ya, memang saya melihat baligo nya beliau saat di beberapa daerah di Cianjur Selatan yang bertuliskan "Mohon do'a restu, jalan ini akan segera diperbaiki". Memang benar ada beberapa perbaikan pada jalan yang katanya dilakukan oleh pemerintah Kab. Cianjur, tapi itu sangat-sangat tidak cukup. Yang mereka bangun itu hanya jalan-jalan di daerah yang terlihat sudah sedikit maju seperti Tanggeung, Sukanagara, Pagelaran. Tapi Coba lihat dan kunjungi kecamatan Cikadu, disana jalan-jalan sangat rusak parah. 

Dikecamatan cikadu, pengaspalan jalan dilakukan secara bertahap selama 8 tahun baru bisa mengaspal seluruh ruas jalan utama di Cikadu. Pengaspalan jalan dilakukan mulai dari kantor Kecamatan di koleberes,  mundur ke arah selatan, sampai ke desa sukaluyu. Itupun di cicil setiap tahunnya. Yang  jadi masalah kemudian adalah, kualitas jalan yang sangat-sangat jelek, anda tahu akibatnya?akibatnya adalah, belum juga beres pengaspalan diseluruh ruas jalan di Cikadu, eh jalan yang dulu di bangun sudah pada rusak dan kembali ke jalan asal yaitu batu-batu koral. Wah, parah banget dah. 

Oh iya, perlu dicatat. Sampai tulisan ini dibuat, jalan-jalan yang dulu dibangun dan telah rusak, sama sekali belum pernah tersentuh oleh perbaikan. Malahan belum ada terdengar, rencana-rencana untuk memperbaikinya. 

Cerita diatas hanyalah sepenggal kasus yang ada di kecamatan Cikadu yang termasuk wilayah Cianjur Selatan. Belum lagi berbagai masalah lain di berbagai kecamatan di Cianjur Selatan, belum lagi masalah jalan arteri penghubung Cianjur Selatan dan Kota Cianjur yang banyak rusak di berbagai ruas. 

Kami Butuh Perhatian Lebih

Wahai pemkab Cianjur, kami sudah tak tahan lagi, kami membutuhkan bantuan anda untuk lebih memperhatikan nasib di Cianjur Selatan. Kami menunggu janji anda untuk memperhatikan Cianjur Selatan. Terkadang kami sangat iri dengan pembangunan di daerah perkotaan Cianjur. Di daerah perkotaan, anda-anda rajin sekali membangun dan memperbaiki trotoar, anda membangun taman untuk memperindah kota. Ketika saya lihat di plang perbaikan trotoar, disana tertulis biaya yang dibutuhkan sampai ratusan juta. Pada saat itu saya berkata dalam hati, seandainya dana tersebut digunakan untuk memperbaiki jalan di Kec. Cikadu pasti akan lebih baik. Anda harus ingat bahwa Cianjur itu bukan Kota tapi Kabupaten, dan anda tidak boleh terus membangun kota, tanpa memperhatikan daerah perkampungan. 

Apa yang dibutuhkan Cianjur Selatan?

Infrastruktur, pak. Kami sangat membuthkan jalan-jalan yang bagus. Irigasi yang mampu mengairi sawah-sawah kami.

Fasilitas umum, pak. Kami membuthkan rumah sakit daerah di Cianjur Selatan. Puskesmas disana tidak bisa melayani kami dengan baik. Coba bayangkan pak, ketika ada orang yang kecelakaan di Sindangbarang, langkah pertama yang mereka lakukan adalah pergi ke Puskesmas, dan puskesmas tidak bisa memberikan pelayanan akhirnya dirujuk ke RSUD Cianjur, jauh pak. bisa-bisa meninggal diperjalanan.

Pelatihan, pak. Kami butuh bimbingan dari para aparatur pemerintan untuk mengetahui bagaimana caranya bercocok tanam yang baik, sehingga kami memiliki kekuatan untuk memperbaiki nasib. Di Cianjur Selatan banyak lahan pak, dan sayangnya kami tak tahu untuk mengelolanya dengan baik. Kami tidak tahu, tanaman apa yang cocok untuk ditanam di daerah kami. 

Listrik, pak. Memang kami sudah teraliri listrik, tapi pak ada saudara kami di tempat lain yang sama-sama di Cianjur Selatan yang masih padam pak. Banyak yang belum teraliri listrik pak. Masalah lainnya adalah, listrik kami sering padam pak. Bahkan sangat sering. Kami membutuhkan gardu listrik untuk memperbaiki jaringan listrik di daerah kami.

Investor, pak. Cianjur Selatan membutuhkan investor di berbagai bidang. Salah satu bidang yang penting adalah pariwisata. Permudahlah investor-investor dari daerah lain(tapi, jangan orang asing ya!!) untuk membangun sektor pariwisata di Cianjur Selatan. Jangan lupa juga, jika ada putra daerah yang mau menginvestasikan harus didahulukannya. Kami butuh, jayanti, sereg, dll untuk bisa menjadi tempat tujuan wisata. Anda harus carikan investor untuk kami.

Sebenarnya masih banyak permasalah di Cianjur Selatan, Mohon bapak dan ibu yang ada di Pemerintahan maupun legistatif di Cianjur agar mampu mengabulkan aspirasi kami. Jika tidak, dengan sangat menyesal ijinkan kami untuk memisahkan diri dari kabupaten Cianjur, biarkan kami membangun daerah kami sendiri. Silahkan anda bangun wilayah perkotaan dengan sesuka hati.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar