Kamis, 02 April 2009

Mempercepat koneksi modem smart 3g gratis, dengan linux



Ya, setidaknya itulah yang saya alami. Terasa bedanya, antara menggunakan OS Windows dengan menggunakan Linux. Kenapa ya?? kata, orang-orang di blog lain sih, karena:

  1. Linux gak ada virusnya, pada tahu semua kan kalau di windows itu banyak sekali program jahat, yang sering meminta untuk dihubungkan ke Internet.
  2. Di windows banyak update otomatis, tanpa kita sadari atau dengan kesadaran penuh. Terkadang, beberapa software di Windows selalu meminta untuk update.
  3. Bandwidth di sedot 20% oleh Windows, dengan settingan default (tanpa mengubah registery), OS windows meminta bandwidth sebanyak 20% dari bandwidth yang kita miliki.
Berdasarkan pengalaman saya yang sering banget otak-atik settingan di windows, dan juga menggunakan berbagai tool yang katanya bisa mempercepat koneksi Internet dan berbagai janji lainnya, ternyata hasilnya adalah nihil. Gak ada tuh, bertambahnya kecepatan internet.

Saya udah pernah coba menggunakan Open DNS, toonel, fasterfox, setting about:config mozzila, apalagi ya? banyak da hal yang sudah saya lakukan tapi tetep aja hasilnya gak memuaskan. Masih tetep aja, lama banget.

Baru setelah itu, saya mendapat pencerahan dari blog ini nih, saya langsung praktekan, mudah banget langkah demi langkahnya. Akhirnya sampai juga pada kepuasan bathin, untuk mendapatkan koneksi smart yang lebih cepet daripada biasanya.

Hidup linux,hidup smart yang gratisan, hidup Indonesia...

2 komentar:

  1. Ini berlaku buat modem AC2726 UI nya smart bkn?

    BalasHapus
  2. @anonim: bukan, ini buat modem hape smart 3G. Yang dulu ada gratisannya. Tapi sepertinya sekarang udah gak ada.

    BalasHapus