Senin, 07 Mei 2012

Memulai Bahasa Pemrograman PHP

Baik, jika sebelumnya saya telah membahas bagaimana cara menginstall xampp untuk windows, selanjutnya kita akan membahas tentang file php pertama yang akan menjadi jalan pembuka  anda untuk memahami pemrograman php.



Sebelumnya, anda harus memahami tentang :

  1. HTML
  2. Perbedaan client dan server
Tool yang anda gunakan :
  1. Notepad++ (saya menggunakan ini)
  2. Notepad
  3. Dreamweaver
  4. Bluefish
  5. edit plus
  6. web server (xampp)
  7. dll.
Ok, sebelum memulai anda harus mengetahui bahwa seluruh file php yang kita buat harus disimpan pada folder drive:/xampp/htdocs. Drive merupakan drive tempat menginstall xampp, jika masih pusing silahkan pelajari terlebih dahulu artikel berikut ini. Dibawah ini saya tampilkan isi dari folder htdocs milik saya.

folder htdocs, tempat menyimpan file php


silahkan buat folder baru pada folder htdocs, beri nama folder tersebut "latihan". Kemudian silahkan anda buka aplikasi notepad++ (anda bisa download disini). Pada notepad++ masukan kode dibawah ini:

   echo "sedang belajar php";
?>

kemudian simpan file tersebut dengan cara klik file - save, pada pilihan save in, arahkan lokasinya ke folder xampp/htdocs/latihan. Kemudian pada file name, isikan index dan pada save as type isi dengan PHP Hypertext Preprocessor file. Jika telah selesai, klik save. Selanjutnya aktifkan apache dan mysql pada komputer anda dengan cara jalankan xampp control kemudian klik tombol start pada apache dan mysql, tunggu hingga muncul tulisan running 

Tahap selanjutnya silahkan buka browser anda. Pada bagian adress bar silahkan isi dengan alamat http://localhost/latihan, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

tampilan output php




Tidak ada komentar:

Posting Komentar