Senin, 07 Mei 2012

Memulai Bahasa Pemrograman PHP (Install XAMPP)

Dalam postingan ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana untuk memulai belajar pemrograman PHP. Sepertinya yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa PHP merupakan bahasa pemrograman yang berjalan disisi server, oleh karena itu mau tidak mau kita diharuskan untuk memiliki sebuah WEB SERVER.  


Server web yang saya maksud disini tidak harus selalu server web yang real, karena memang server real membutuhkan investasi yang sangat besar juga bagi kita untuk memilikinya. Kita bisa memanfaatkan komputer lokal dan kita jadikan komputer yang kita miliki dirumah atau dikosan sebagai sebuah server web. Ya, secara sederhana bisa dibilang komputer atau laptop yang kita miliki sekarang kita jadikan dia memiliki dua fungsi sekaligus yaitu sebagai client dan server. 

Hal yang paling mudah tentu saja menjadikan komputer tersebut sebagai sebuah client, untuk menjadikan komputer sebagai sebuah client kita hanya tinggal menginstall aplikasi web browser (mozilla, chrome, opera, dll). Nah, yang jadi permasalahan bagaimana caranya kita menjadikan komputer tersebut sebagai sebuah server web? 

Ok, sebetulnya tidaklah sulit untuk menjadikan laptop/komputer kita sebagai sebuah web server, anda bisa menggunakan aplikasi populer yang bernama XAMPP. XAMPP merupakan aplikasi yang memungkinkan kita untuk bisa menginstall server Apache pada komputer lokal. Untuk mendapatkan XAMPP, anda bisa mengunduhnya langsung di situs XAMPP. Pada halaman awal situs tersebut anda akan diminta untuk memilih installer xampp sesuai dengan sistem operasi komputer anda. XAMPP for Windows jika anda menggunakan sistem operasi windows. 

halaman download xampp


Pada halaman download xampp for windows silahkan anda piliha installer. Setelah proses download akan segera berlangsung, tunggu hingga installer xampp selesai didownload.

Jika telah selesai anda bisa langsung menginstall xampp tersebut dengan cara double click file installer yang telah didwonload. Pada tampilan awal seperti dibawah ini, silahkan anda klik next untuk melanjutnkan.
klik tombol next

Proses selanjutnya anda diminta untuk menentukan folder tempat berkas xampp disimpan. Folder tersebut WAJIB anda ingat, karena disanalah kita akan menyimpan berkas file php. Agar tidak lupa, silahkan simpan folder Xampp dalam drive c: seperti contoh dibawah ini.

simpan di drive c

Silahkan anda klik next jika sudah menentukan destinasi folder. Pada tahap berikutnya, installer akan menanyakan apakah setelah selesai diinstall xampp akan secara otomatis membuat shortcut di desktop?, apakah xampp akan tampil di start menu?, dll. Untuk memudahkan, anda bisa biarkan default. Selanjutnya, silahkan klik install. Tunggu sampai installer selesai. 

Jika sudah selesai, selanjutnya kita bisa mulai menjalankan xampp sekaligus untuk mengetahui apakah xampp sudah diinstall dengan benar atau belum. Buka windows explorer - local disk (c:) - xampp. Pada folder tersebut double click xampp-control, hingga muncul windows sebagai berikut:


Pada gambar diatas ada dua buah tombol yang saya tandai dengan tanda panah warna merah. Kedua tombol tersebut berfungsi untuk menjalankan service dari apache dan mysql. Apache merupakan server web untuk bahasa pemrograman php, sedangkan mysql adalah database yang akan kita gunakan. Silahkan klik tombol start pada kedua tombol tersebut hingga ada tulisan running di apache maupun mysql. Kedua tombol tersebut harus selalu anda klik ketika anda akan bekerja menggunakan php, atau setidaknya adan harus memastikan kedua service dalam keadaan running

Sisi server telah kita aktifkan, selanjutnya kita bisa menampilkan sebuah halaman web yang dihosting diserver tersebut pada client. Buka browser anda (misalnya: mozilla), selanjutnya pada adress bar ketikan http://localhost , jika tampilan browser anda seperti pada gambar dibawah ini, maka anda telah berhasil menginstall xampp. 



Artikel selanjutnya: memulai bahasa pemrograman php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar