Senin, 07 Mei 2012

Membuat Hello World JSP dengan netbeans 6.5

Saya tidak terlalu ingin berbicara banyak tentang apa itu JSP. Penjelasan tentang apa itu JSP akan saya bahas pada artikel lainnya. Namun, pada artikel ini saya akan menguraikan tentang bagaimana cara menampilkan hello world dengan menggunakan JSP pada IDE Netbeans 6.5


Langkah pertama silakan anda buat terlebih dahulu project baru dengan cara klik file - new project. 


Pada jendela new project seperti pada gambar diatas silahkan pilih kategori Java EE dan Project Enterprise Application kemudian klik next. 


Pada jendela name and location silahkan isi project name dengan helloJ2EE, sedangkan project location silahkan anda tentukan sendiri, sisanya biarkan default. 


Tahap selanjutnya (gambar atas), anda diminta untuk menentukan server. Secara default server glassfish v2 yang akan dipilih, biarkan server tersebut yang terpilih. Sisanya silahkan anda biarkan default kemudian klik finish. 


Setelah project baru selesai dibuat, selanjutnya pada bilah project dari netbeans akan tampil tiga buah direktori project baru yaitu:
  1. LatihanJ2ee
  2. LatihanJ2ee-ejb
  3. LatihanJ2ee-war
LatihanJ2ee-war merupakan tempat anda untuk menyimpan file jsp. Silakan anda buka sub folder web pages dari project LatihanJ2ee-war. Kemudian edit file index.php menjadi seperti berikut ini

<%@page contentType="text/html" pageEncoding="UTF-8"%>
   "http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">

   
       
        Latihan Menggunakan JSP
   
   
        <%
            out.print("

Hello World!

");
        %>
   

Selanjutnya silakan klik run (F5) pada netbeans, tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah selesai netbeans akan secara otomatis membuka web browser anda.






1 komentar: