Minggu, 06 Mei 2012

Pengantar Pemrograman PHP

Apa itu PHP?


Secara sederhana PHP yang saya pahami adalah sebuah bahasa pemrograman yang diciptakan untuk lingkungan pemrograman berbasis Web. Kata-kata berbasis web mengisyaratkan bahwa PHP diciptakan bukan untuk membuat program yang ketika di compile akan menjadi sebuah berkas .exe seperti layaknya pascal, c, maupun c++ melainkan diciptakan untuk membuat sebuah halaman web menjadi jauh lebih dinamis (dapat dimodifikasi)

Jika anda termasuk orang yang memperhatikan pengertian dari segi bahasa, saya bisa menjelaskan bahwa PHP merupakan kependekan atau singkatan dari PHP adalah PHP Hypertext Preprocessor. 

Jadi, apa itu manfaat PHP?

Untuk memahami manfaat dari PHP kita harus mengetahui terlebih dahulu bahwa dalam pemrograman berbasis web kita mengenal istilah client dan server. Client biasanya diidentikan (meski tidak selalu) dengan program aplikasi web browser (cth:mozilla,chrome,opera), sedangkan server merupakan tempat kita untuk menyimpan program agar program tersebut bisa diakses di seluruh dunia. 

client-server (sumber: interprise.co.uk)

PHP merupakan bahasa pemrograman yang sangat bermanfaat untuk memberikan kemampuan programing yang luar biasa di sisi server. Pada praktiknya PHP bisa melakukan beragam komputasi di sisi server serta memiliki kemampuan yang sangat hebat untuk berinteraksi dengan server database. 

Apa yang bisa kita lakukan dengan PHP?

Sangat banyak sekali. Saya akan jelaskan seperti ini. Jika anda seseorang yang baru pertama kali mengenal dunia PHP mungkin akan menganggap sebelah mata teknologi ini, atau setidaknya anda hanya menganggap PHP hanya bisa menampilkan halaman website. Mulai dari sekarang silahkan anda hilangkan pemikiran tersebut, ingat dunia programming tidak hanya sebatas VB.net atau delphi. Artinya, seperti layaknya VB maupun delphi, PHP juga memiliki kemampuan untuk membuat aplikasi sekala enterprise. Bahkan di lain sisi PHP yang bersifat webbase membuat teknologi ini jauh lebih baik dari VB dan delphi dalam hal memudahkan user untuk mengakses aplikasi. Bisa anda bayangkan, jika anda membuat sebuah sistem informasi berbasis web dengan PHP itu artinya anda bisa mengakses sistem informasi tersebut dari mana saja asal terhubung ke internet tanpa perlu menginstall aplikasi tersebut didalam komputer anda. 

Tidak hanya itu, sebuah sistem informasi yang dikembangkan dengan PHP terhitung lebih hemat dan lebih efektif. Sebagai ilustrasi, sebuah toko penjual pupuk yang berpusat di kota A dan memiliki cabang di kota B, C, dan D meminta sebuah perusahaan IT untuk membuat perangkat lunak yang bisa menghitung laba bersih perhari dari masing-masing cabang. Dengan menggunakan PHP sebuah perusahaan IT tinggal membuat satu buah aplikasi berbasis PHP dan aplikasi tersebut disimpan diserver pusat, sedangkan cabang di kota-kota lainnya tinggal menginput data transaksi tiap hari melalui form yang tersedia online. Bandingkan jika perusahaan IT tersebut menciptakan aplikasi dengan teknologi berbasis desktop. Dapat dipastikan perusahaan IT tersebut harus menginstall aplikasinya satu-satu dimasing-masing cabang, selain itu diajuga harus membuat dua jenis aplikasi yaitu aplikasi yang berjalan disisi server dan aplikasi yang berjalan pada komputer-komputer cabang. Sungguh merepotkan.

Contoh bahasa PHP

echo "hello world";
?>

potongan script diatas akan menampilkan kata "hello world" pada browser. 


Artikel selanjutnya : cara install xampp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar